Mengenal lebih jauh tentang Listrik

Kwh baru

Saat ini ketergantungan manusia terhadap energi listrik sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Mulai Industri besar sampai rumah kecil yang berada di pelosok semua energi listrik. Berbanding terbalik dengan pengguna energi listrik. Orang yang mengetahui seluk beluk listrik tidaklah banyak. Listrik dan arus listrik jika kita perlakukan dengan benar akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. akan tetapi jika kita tidak tahu cara menggunakannya maka akibatnya akan fatal.

Kecelakaan yang di sebabkan oleh arus listrik tiap tahun selalu terjadi. Ini sebenarnya di sebabkan pengetahuan orang atau pengguna terhadap listrik sangat minim. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang listrik berikut hal-hal yang harus anda tahu tentang listrik di rumah anda.

  1. Kapasitas atau daya listrik  di rumah anda.

Untuk mengetahui berapa besar kapasitas di daya listrik di rumah anda anda cukup melihat MCB (Moulded Circuit Breaker)  di meteran yang di berikan PLN. Lihat di gambar meteran PLN berikut ada MCB dengan Tulisan CL10. Itu artinya kapasitas rumah anda 10 Amphere atau 1200 watt. Untuk mengetahui Amphere menjadi watt anda cukup meng kalikan 10 amphere x 220 volt= 1200 watt. Pastinya rumah yang satu dengan yang lain itu berbeda dayanya. Namun begitulah cara untuk mengetahuinya. 

2. Kekuatan kabel Utama (tufur) atau fider dari Meteran PLN ke BOX MCB rumah anda.

Setelah dari meteran PLN sekarang anda perlu tahu Instalasi yang anda siapkan sendiri yaitu kabel tufur atau kabel fider. Kabel menghubungkan antara meteran PLN dengan box MCB milik kita. Jika kapasitas daya rumah kita 10 Amphere maka ukuran fider atau tufur cukup 3x6mm. 

3. Box MCB.

BoX MCB adalah sebuah kotak dimana daya listrik dari PLN di bagi. Didalam box ini isinya adalah MCB dan instalasi grounding. Jika rumah anda 10 amphere atau 1200 anda cukup membagi 2 saja yaitu untuk stop kontak dan Lampu. artinya 1200 di bagi dua (stop kontak dan lampu) maka akan ketemu masing-masing 600 watt jadi MCB yang harus ada di Box MCB ini minimal harus ada 3 (1 MCB 10 Ampher, 2 MCB 4 Amphere). Dari box MCB ini daya listrik di rumah anda di distribusikan ke beban-beban. misal ke TV, Kulkas, mesin pompa melalui stop kontak. Ke lampu melalui saklar.

4. Grounding

Grounding adalah kabel telanjang tanpa ada pelindung yang di salurkan langsung dari box MCB ke tanah. Fungsi dari grounding ini adalah untuk menetralkan arus liar atau ada arus yang bocor. Contoh kasus beberapa barang electronik sering terasa nyetrum walau tidak keras tapi itu cukup membuat kita kaget. Maka dengan adanya instalasi grounding ini kasus tersebut akan hilang. Groundi masuk kedalam instalasi stop kontak.

Jadi demikain beberapa pengetahuan dasar yang harus anda tau.